Tips Merawat Baterai Leptop Agar Awet dan Tahan Lama



Baterai Leptop
Bateri Lepto Axioo Neon MNC
Berikut saya berikan tips tentang cara merawat baterai leptop agar awet dan tahan lama. Agar awet dan tahan lama, sebuah baterai leptop harus di rawat dari sejak pembelian. Untuk lebih detailnya saya berikan tips mengenai baterai leptop seperti berikut:

1. Pengecasan Pertama
Pengecasan pertama kali pada saat baru membeli memiliki pengaruh yang sangat vital terhadap daya tahan baterai. Pengecasan harus dilakukan pada saat baterai mulai memberikan indikator baterai mulai habis dayanya. Pada saat baru pembelian, baterai leptop biasanya masih terisi bisa sampai 50%. Untuk itu, silahkan dihabiskan dulu daya baterainya dengan cara menginstalkan sistem operasi yang Anda inginkan atau jika sistem operasi sudah terinstal silahkan dihabiskan dulu daya baterainya dengan cara menggunakan beberapa aplikasi yang sudah terinstal misalkan memutar video. Jika baterai sudah memberikan tanda mau habis biasanya sisa baterai tinggal 5-10 %, silahkan Anda cas sampai penuh dan berikan tambahan waktu pengecasan sampai kurang lebih 4 jam meskipun baterai sudah memberikan indikator full. Ini akan membuat baterai memiliki daya tahan baterai yang lebih lama jika dibandingkan dengan pengecesan standar. Usahakan pada saat pengecesan pertama carger tidak dicopot dan usahakan juga listrik jangan sampai mati. Jika listrik sampai mati pada saat pengecasan pertama kemungkinan baterainya akan cepat low kalau sudah digunakan.

2. Pada saat pengecasan biasa
Kalau sudah dicas pertama dengan benar kemungkinan baterainya akan berfungsi maksimal, tetapi jika selanjutnya anda jor joran dalam pengecasan berikutnya tidak sesuai prosedur maka kemungkinan baterai leptop Anda cepat low akan lebih besar. Pada saat pengecasan, usahakan kalau leptop sudah memberikan indikator untuk segera mengecas, jangan terburu-buru ngecas apalagi baterai masih 50%, dan segera lepaskan carger jika indikator sudah memberikan tanda full. Kebiasaan kita apalagi yang terbiasa berjam-jam menggunakan leptop sering membiarkan carger selalu masuk sehingga meskipun sudah penuh baterai akan tetap terkenda daya listrik meskipun sedikit. Tidak jarang jika hal ini sering Anda lakukan maka daya baterai akan hilang dan Anda harus selalu mengecas meskipun baterainya ada tetapi baterai tidak mampu mengangkat daya listriknya.

Itulah dua langkah agar baterai leptop Anda awet dan tahan lama. 

Demikian sekedar tips dari saya. semoga bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan

0 Response to "Tips Merawat Baterai Leptop Agar Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar