Cara Tepat Mengatasi Komputer/Leptop yang Selalu Restart



Berikut adalah Cara Tepat Mengatasi Komputer/Leptop yang Selalu Restart jika Anda sedang mengalaminya. Restart pada komputer seyogyanya menggunakan perintah yang ada pada menu windows, tetapi tidak semua restart berasal dari perintah sehingga sangat mengganggu jika itu terjadi di tengah pekerjaan yang sedang Anda jalani. Berikut saya berikan tips menangani komputer/leptop yang sering restart.



1. Virus
Virus menjadi penyebab restart jika memang virusnya sudah menjangkiti bagian registry dari windows. Langkah pertama jika memang berasal dari virus, silahkan Anda scan menggunakan antivirus yang anda miliki baik itu antivirus dalam negeri maupun luar negeri. Jika memang banyak virus yang sudah menjangkiti komputer/leptop Anda, bisa langsung bersihkan dan jika masih ada yang menjangkiti teruatama di sistem registrynya, kemungkinan langkah terbaiknya adalah dengan menginstall ulang.

2.  RAM
Jika setelah menggunakan antivirus dan ternyata tidak ditemukan adanya virus, penyebab kedua adalah RAM yang kotor, jika RAM yang  kotor, silahkan Anda bisa bersihkan RAM komputer/leptop Anda dengan menggunakan stip / penghapus pencil di bagian kuningannya. Jika sudah bersih bisa dipasang kembali dan Insya Alloh bisa lancar.

3. Hardisk
Setelah dicek RAMnya dan ternayata restart masih sering terjadi, penyebab berikutnya yang mungkin terjadi adalah hardisk yang sudah lemah. Hardisk yang sudah lemah bisa booting tetapi biasanya sering restart. Untuk mengatasi ini Anda bisa membeli hardisk baru sebagai ganti hardisk yang lemah tersebut.

4. Overheating
Kalau semua komponen di atas sudah dicek tetapi ternyata masih restart, penyebab berikutnya yang mungkin muncul adalah terlalu panas pada sistem komputer/leptop tersebut. Biasanya hal ini terjadi jika kita menggunakan komputer/leptop secara terus menerus. Biasakan jika kita mau menggunakan leptop/komputer dengan waktu yang lama, berilah tambahan kipas pendingin di bagian bawah leptop atau jika Anda menggunakan PC bisa menambahkan kipas pada bagian dalam CPU. 

5. Motherboard
Jika semua langkah sebelumnya masih tetep restart. komponen terakhir  yang menjadi penyebab restat adalah ada kesalahan pada motherboard, jika itu masih bisa diatasi silahkan bawa ke tukang servis yang mumpuni untuk pengecekan motherboard, jika tidak, maka langkah terakhirnya adalah ganti motherboard tersebut.

Demikian langkah-lagkah Mengatasi Komputer/Leptop yang Selalu Restart. semoga bermanfaat

0 Response to "Cara Tepat Mengatasi Komputer/Leptop yang Selalu Restart"

Posting Komentar