Tips Merawat Leptop agar Panjang Umur

tips agar leptop panjang umur



Membuat leptop awet bukan hal mudah jika Anda tidak mengetahui cara merawatnya. Berikut penulis berikan Tips Mudah Merawat Leptop . 


1. Pergunakan leptop sesuai kebutuhan

Penggunaan leptop secara berlebihan akan membuat umur leptop menjadi lebih pendek. Gunakan leptop Anda sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda bekerja menggunakan leptop lebih dari 3 jam silahkan pergunakan notebook cooler sebagai pendingin tambahan supaya leptop anda tidak terlalu kepanasan. Matikan leptop Anda jika sudah terlalu panas jika disentuh pada bagian dekat hardisk. 

2. Cara pengecasan yang baik
Jika Anda bekerja cukup lama ditambah batre leptop Anda tidak tahan lama maka ada kebiasaan buruk yang biasanya Anda lakukan, yaitu mengecas batre secara terus menerus selama dipakai meskipun indikator pengecasan sudah memberikan tanda full. Agar batrai leptop Anda awet maka jika mengecas setelah ada tanda baterai mau habis, biasanya ada 5 -10% dan segera lepas carger jika sudah full. Hal ini akan membuat umur baterai menjadi lebih tahan lama.

3.  Gunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi leptop Anda
Aplikasi yang kita gunakan juga akan sedikit banyak mempengaruhi keawetan leptop kita. Jika kita banyak menginstal aplikasi yang melebihi spesifikasi hardware dari leptop kita itu akan membuat leptop bekerja lebih keras. Hal ini akan berpengaruh kepada semua komponen yang ada pada leptop. Dari segi penginstallan aplikasinya saja jika melebihi spesfikasi hardwarenya biasanya terjadi bluescreen, kemudian jika aplikasi tersebut berhasil diinstall kemungkinan yang kedua adalah pemakaian memory yang cukup besar pada saat aplikasi berjalan. Hal ini akan membuat kerja procesor akan semakin keras, pada akhirnya aplikasi tersebut menjadi lambat dan pada akhirnya sering munucul pesan not responding pada aplikasi tersebut yang pada akhirnya lagi dengan terpaksa membuat kita memencet tombol power langsung untuk mematikan leptop kita. Semakin sering Anda mematikan leptop tidak dengan prosedur yang dianjurkan maka kemungkinan hardisk Anda akan cepat rusak.

4. Sering bersihkan leptop Anda jika berdebu
Debu merupakan musuh utama pada setiap komponen elektronik. Jika terlalu banyak debu yang menempel pada komponen yang ada di leptop maka kemungkinan untuk terjadi restart akan semakin sering. perangkat yang sering sekali terkena debu adalah bagian kipas dan sistem pembuangan panas. Jika debu yang sudah banyak dibiarkan saja maka kemungkinan leptop tidak bisa nyala juga bisa terjadi. Jadi silahkan bersihkan leptop Anda dari debu sesering mungkin.

Pengalaman penulis:  Penulis membeli leptop tahun 2009 dengan merek Axioo Neon MNC sampai pada saat penulis upload semua komponen leptopnya masih berfungsi normal dan belum ada yang ganti sparepart. Penulis lakukan semua yang penulis tulis di atas dan ternyata semua membuat sparepart menjadi lebih awet.

Demikian beberapa Tips Merawat Leptop agar Panjang Umur. semoga bermanfaat 

0 Response to "Tips Merawat Leptop agar Panjang Umur"

Posting Komentar